Sasa Virgo Sasa Virgo Author
Title: Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan
Author: Sasa Virgo
Rating 5 of 5 Des:
Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Minum Kopi merupakan kebiasaan yang kerap kali di lakukan oleh sebagian besar kaum pria, yang mana kopi ...
Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Minum Kopi merupakan kebiasaan yang kerap kali di lakukan oleh sebagian besar kaum pria, yang mana kopi merupakan minuman yang sangat populer di kala saat sedang santai.

Banyak Penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa kopi memiliki efek positif terhadap kesehatan hati, Kopi merupakan jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Hingga saat ini, konsumsi kopi sering kali di kaitkan atau bahkan diidentikkan dengan efek negatif untuk tubuh. Namun, banyak penelitian baru menyebutkan bahwa kopi ternyata memiliki efek positif terhadap tubuh, terutama kesehatan hati.

Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup disebutkan dapat mengurangi kerusakan hati. Kerusakan hati bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti alkohol, virus hepatitis, perlemakan hati nonalkohol, sirosis, hingga kanker hati. Konsumsi kopi pun dihubungkan dengan perbaikan kadar enzim-enzim yang mencerminkan fungsi hati, seperto SGOT, SGPT dan GGT.

Berikut ini jenis penyakit yang dapat di sembuhkan dengan cara minum kopi yang dikutip dari klikdokter.com :

1. Sironis
Sironis meripakan penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kematian. Sebuah penelitian yang menelaah lebih dari 430.000 partisipan menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari terkait dengan menurunnya faktor resiko sirosis hingga 44%. Selain itu, sebuah studi menunjukan bahwa mengkonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir dapat menurunkan resiko sironis hingga 57%.

2. Kanker Hati
Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa penelitian telah menyebutkan efek positif kopi terhadap menurunnya insiden kanker hati. Penelitian yang dilakukan oleh Tanaka et al, dan Gelatti et al, menyebutkan bahwa pada orang-orang yang menkonsumsi kopi sebanyak 3-4 cangkir sehari selama 1-2 tahun dikaitkan dengan menurunnya resiko kanker hati.

3. Penyakit Hati Kronis
Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan bekurangnya insiden penyakit hati kronis. Penelitian yang dilakukan Modi et al menyebutkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada orang yang menderita penyakit hati kronis. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir disebutkan memiliki efek menguntungkan bagi tubuh, seperti untuk melindungu hati. Namun, ingat bahwa tidak semua jenis kopi baik untuk hati. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kopi yang difilter memiliki efek perlindungan hati, sementara kopi jenis espresso justri tidak mempunya efek positif untuk kesehatan. Saat ini memang banyak penelitian yang mendukung efek positif kopi terhadap kesehatan hati, tetapi ingatlah bahwa menkonsumsi kopi tetap ada batasnya, dan bagi yang tidak kuat menkonsumsi kopi maka jangan dipaksakan.

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top